Monday, September 19, 2011

European Market Update: Troika - Pahlawan atau Pahlawan Kesiangan?

Update terkait pasar keuangan Eropa dalam tiga hari terakhir ini:

Pemerintah Yunani melakukan emergency cabinet meeting pada hari Minggu untuk membahas status terkini dari defisit anggaran, kebijakan untuk pemotongan anggaran dan posisi hutang negara. Yunani berencana untuk mengadopsi rancangan yang akan diberikan oleh Troika. Siapakah Troika? Troika merupakan tiga institusi yang memiliki kekuatan pengaruh besar bagi usaha pemulihan ekonomi di Yunani yaitu European Commission, International Monetary Fund dan European Central Bank

Beberapa petinggi di negara Uni Eropa juga dijadwalkan bertemu dalam rangka membahas Yunani dan perluasan peran EFSF (European Financial Stability Facility) - Ini suatu lembaga yang memiliki peran dalam kebijakan bailout dan penjaminan obligasi yang diterbitkan EAMS (Euro Area Member States). Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai EFSF, dapat download materi "An introduction to the European Financial Stability Facility".

Catatan kecil:
Krugman pernah mengatakan bahwa kisah krisis di Argentina sangat mungkin terjadi di Yunani.
Dengan rencana untuk melakukan pengurangan pegawai di sektor publik sampai dengan 100 ribu maka angka pengangguran di Yunani akan sangat tinggi. Populasi di Yunani hanya sekitar 11,3 juta manusia. Dengan perbandingan tersebut, jika terjadi di Indonesia sama dengan pengurangan sejumlah 2,4 juta pegawai. Dapatkah anda membayangkan jika itu terjadi di Indonesia?

Sehingga jika yang terburuk terjadi di Yunani maka tidak mengherankan bila pasar saham di Eropa akan tumbang. Masih ada beberapa negara Eropa lainnya yang mengalami situasi perekonomian buruk.

No comments: