Friday, October 10, 2008

Global Market Crack - The Real Bottom is Zero

Panik kata yang paling tepat menggambarkan situasi pasar keuangan global saat ini. Setelah tadi malam Dow mencatat indeks terburuk pada level 8759 maka siang ini indeks Nikkei telah jatuh di bawah level 8500 atau lebih rendah dibanding posisi Juni 2003. Seakan tidak ada lagi ruang yang tersedia bagi berita positif yang dapat mengangkat moral dan semangat di pasar keuangan dunia.

Awalnya kejatuhan indeks bursa2 dunia pada tingkat 2% saja terasa besar, kemudian berangsur angka kemerosotan bergerak meningkat menjadi 4%. Itupun terus bergerak memburuk, bahkan penurunan indeks Dow di atas 7% mulai terlihat. Ini sangat mengkhawatirkan karena potensi terjadinya kejadian di 1987 saat indeks turun di atas 20% dalam satu hari dapat dengan mudah terjadi. Tinggal masalah waktu, tidak diharapkan datang tapi kemungkinan akan datang. Market crack! Bila ini terjadi maka stock market di US akan terkikis habis mendekati titik nol besar. Kemudian akan datang masa mati suri di pasar saham US. Skenario yang pernah terjadi di tahun 1929/30 - The Great Depression.

Pasar telah kehilangan kepercayaan diri dan kepercayaan kolektif. Nilai bailout sebesar USD 200 billion untuk Fannie Mae dan Freddie Mac diresponse dengan kejatuhan indeks Dow sebesar 5% dalam semalam. Bailout plan sebesar USD 700 billion ditanggapi dengan kejatuhan indeks secara massive di global market. Pemotongan suku bunga secara terkoordinasi, bailout program dari berbagai negara maju lainnya, tidak lagi mampu untuk merubah keyakinan investor.

Bila tindakan otoritas keuangan dan pemerintah tidak lagi dapat menghentikan kejatuhan harga di pasar keuangan maka global financial system akan collapse. Kemudian perlahan tapi pasti, kondisi perekonomian global akan terseret menuju global recession.

Mungkin tidak ada lagi gunanya berharap bahwa pasar telah hit bottom saat ini sebab bukan tidak mungkin the real bottom is ZERO.... :)

2 comments:

Anonymous said...

hehehe nice post ttp pasti ada hikmahnya mungkin ya pak atau apakah ada positif info yg bisa di share ??

Anonymous said...

Saatnya untuk siram pasar buat dapat barang murah!!
huahauhauahuahauhua
*Evil Bandar Laugh Mode On*