Monday, May 12, 2008

BEI Morning Lineup - May 12

Minggu lalu perdagangan saham di BEI terlihat cukup unik. Bila dilihat dari posisi indeks maka sebenarnya indeks BEI masih belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Namun berbagai saham yang terkait dengan pertambangan dan energy menunjukkan keperkasaannya disaat saham2 lain tidak berdaya dan terus mengalami penurunan. Ini tidak lepas dengan kenaikan harga minyak dan komoditi yang masih terus berlangsung. Harga beberapa saham seperti PTBA, TINS, BUMI, ITMG dan SGRO pada penutupan Jumat lalu bahkan telah melebihi moving average price untuk 200 hari terakhir. Ini tentu melegakan buat investor yang fokus kepada saham-saham berbasis energy.

Bagaimana dengan prospek BEI di minggu ini?
Berita buruk di sektor keuangan US seperti kerugian AIG dan rencana penjualan asset Citigroup telah membawa pasar keuangan di US kembali melemah Jumat lalu. Bursa di Eropa juga mengalami penurunan cukup tajam. Kondisi tersebut akan menekan bursa2 di Asia untuk dibuka melemah pada Senin ini. Begitu pula dengan BEI, indeks kemungkinan akan terkoreksi cukup besar pada perdagangan hari Senin.

Harga saham2 berbasis energy yang telah mengalami kenaikan di minggu lalu berpotensi kembali terkoreksi Senin ini sebagai akibat tekanan jual untuk merealisasikan gain. Khususnya DEWA dan ELSA yang berpotensi untuk kembali mengalami penurunan harga. Kekhawatiran seputar kenaikan harga bahan bakar di tingkat nasional juga akan semakin menekan posisi valuasi saham2 di berbagai sektor manufaktur. Saham di sektor keuangan masih belum menarik walaupun harga beberapa saham perbankan sudah cukup rendah.

Saran saya agar tetap berhati2 dalam melakukan pembelian saham. Kenaikan harga minyak pada akhir Mei secara alamiah akan meningkatkan suhu politik dan sosial. Kondisi tersebut tidak kondusif terhadap bursa dan akan mengurangi gairah perdagangan di bursa. Tetap fokus pada saham2 berbasis energy dan hanya membeli pada saat harga telah mengalami koreksi cukup besar. PTBA dan BUMI sudah terlalu tinggi untuk dikoleksi apabila bertumpu pada shorter-term approach.

Selamat beraktifitas.

No comments: