Monday, April 5, 2010

LINKS - Ekonomi, Keuangan dan Investasi Asia Berkibar di 2010

Satu minggu kemarin pasar saham global kembali memberikan tanda-tanda akan adanya potensi koreksi secara signifikan di beberapa bursa saham utama. Di Wall Street, indeks Dow dibuka di Senin 25 January 2010 pada level 10239 dan ditutup di hari Jumat pada level 10067. Hampir semua bursa di dunia mengalami hal yang sama. Beberapa jurnal dan blog keuangan senior ekonom dan analis keuangan kembali memperingatkan tentang potensi terjadinya krisis mata uang, krisis perbankan dan kejatuhan ekonomi Yunani. Ini wajar terjadi karena kebanyakan dari mereka bermukim di US maupun di Eropa. Apakah kekhawatiran yang sama muncul di Asia? LINKS kali ini akan memberikan beberapa potongan cerita yang dirangkai untuk (kembali lagi) melihat situasi ekonomi dan keuangan Asia yang terkini.

Rencana Obama untuk membatasi agresifitas private equity dan hedge funds telah memberikan dampak yang besar terhadap strategic plan dari berbagai global investment bank. Dilihat dari perspektif investasi di Asia maka kebijakan Obama ini semakin menguntungkan pasar keuangan Asia dan sekaligus menyuburkan dunia investasi di Asia.
Banks may shed private equity assets in Obama plan - Reuters.com

Minggu kemarin, IMF juga mengeluarkan laporan yang memberikan pujian terhadap kinerja ekonomi di Asia khususnya China, India dan Indonesia (dan Brazil di Amerika Selatan). Sedikit berbeda dengan laporan World Bank, IMF menyatakan bahwa tidak melihat adanya risiko serius dari asset bubbles di Asia. Sebuah laporan yang realistis dan tidak tendensius.
IMF Sees 3.9% Global Growth - The Wall Street Journal/online.wsj.com

Laporan mengenai pertumbuhan The MSCI Emerging Markets Index juga menandakan adanya perbedaan kecepatan putaran ekonomi antara negara maju di Eropa dan US dibanding negara berkembang.
Emerging-Market Stocks Snap Longest Losing Streak in Year - Bloomberg.com

Beberapa keputusan strategis dari berbagai investment bank, private equity dan hedge funds juga memperlihatkan adanya trend alokasi investasi menuju negara di kawasan Asia Tenggara.

ING Group NV telah melepas unit Asian private banking kepada OCBC Singapore. ING, OCBC complete Asian private banking deal - Reuters.com
Alpinvest, sebuah private equity besar telah menyatakan strateginya untuk masuk ke kawasan Asia. Buyout firms heading east- Alpinvest - Reuters.com

Sehingga untuk menjawab pertanyaan di paragraf pertama: Apakah kekhawatiran yang sama muncul di Asia? Jawabannya adalah tidak. Secara umum kondisi ekonomi, keuangan dan investasi di Asia berjalan dengan baik dan memiliki prospek yang cerah di 2010.

Di Indonesia, indikasi bahwa akan terjadinya penguatan di aliran investasi juga terlihat dari laporan Fitch Ratings yang menaikkan posisi rating obligasi pemerintah Indonesia dengan mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat. Fitch Raises Indonesia Rating as Economy Improves - The Wall Street Journal/online.wsj.com

Dalam sebuah note yang dikeluarkan oleh Templeton Asset Management Ltd. dikatakan bahwa Indonesia telah siap untuk dijadikan bagian dari negara BRIC (Brazil, Russia, India dan China) sebagai negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi terkuat di dunia. Pernyataan ini akan semakin menguatkan pendapat pelaku pasar keuangan dan investasi akan perlunya untuk segera meningkatkan alokasi dan transaksi investasi di Indonesia. Mungkin saja dalam beberapa bulan kemudian istilah BRIC akan berganti dengan BRICI yang telah memasukkan Indonesia sebagai bagian dari prospek dunia. Indonesia in Place Among BRIC Nations, Templeton Says - Bloomberg.com

Jika demikian adanya situasi ekonomi, keuangan dan investasi di Asia maka patutkah kita terlalu khawatir akan gejolak dan dinamika di pasar saham regional Asia khususnya di Indonesia? Mungkin ada baiknya untuk merubah strategi investasi saham dengan memperpanjang rentang waktu investasi dan menghindari transaksi daytrading dalam volume besar di awal semester I 2010.

Sebagai penutup, mari kita lihat 5 (lima) saham grup Bakrie saat ini, konsensus rekomendasi apakah yang terlihat di Reuters.com. 3 Hold, 1 Outperform dan 1 Buy. Menarik sekali!

Analysts: PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG.JK)
Analysts: PT Bumi Resources Tbk (BUMI.JK)
Analysts: PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP.JK)
Analysts: PT Bakrieland Development Tbk (ELTY.JK)
Analysts: PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR.JK)

Published 31 Jan 2010

No comments: