Thursday, May 22, 2008

BEI Morning Lineup - May 22

Global Factor

Bursa saham di Eropa ditutup mixed. Indeks FTSE ditutup naik sedikit sedangkan CAC dan DAX ditutup turun. Dow kembali jatuh 227 point setelah harga minyak menembus USD 133. Kenaikan harga minyak juga dipicu adanya silang pendapat atas turunnya tingkat persediaan minyak di US. Pelaku pasar di US mengkhawatirkan dampak kenaikan biaya produksi, transportasi dan makin melemahnya consumer spending.

BEI
Setelah kemarin indeks BEI sempat menyentuh 2472 dan ditutup pada level 2494 maka hari ini market akan kembali mendapatkan tekanan jual. Kenaikan harga minyak akan semakin memperkuat kemungkinan pemerintah menaikkan harga minyak mendekati 30% dari harga yang berlaku saat ini.

Beberapa saham berbasis energy yang mengalami kenaikan harga pada perdagangan kemarin berpotensi untuk mengalami koreksi di sesi pertama hari ini. DEWA setelah sempat jatuh di 480 ditutup menguat di 530 kemarin. Saya melihat adanya kecenderungan harga DEWA akan tertahan pada level 490-520 pada perdagangan hari ini. MEDC yang sempat menyentuh 4875 dan tutup di 4950 pada hari lalu berpotensi untuk kembali merosot sampai mendekati 4775 dan harga akan tertahan pada level 4825-5000. Hari ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali mengkoleksi saham2 DEWA, MEDC, ANTM, BUMI, PTBA, ELSA dan ENRG. Hindari ITMG.

Seperti saya sampaikan sebelumnya, harga pasti akan turun untuk sementara waktu. Nikmati turbulensi di BEI dan pastikan membeli saham kuat pada harga relatif murah. Enjoy your flight!

No comments: