Tuesday, May 13, 2008

BEI Morning Lineup - May 13

Ada berita bagus datang dari Jepang yang saya baca dari Nikkei Net Interactive, dalam 5 minggu terakhir aksi beli (net basis) yang dilakukan investor asing telah lebih dari 1.2 trillion Yen. Namun menurut Shinko Research Institute, terlalu optimisitis untuk mengharapkan adanya recovery secara drastis di sejumlah pabrikasi besar pada paruh kedua 2008. Ini merupakan satu pertanda bahwa turbulensi yang terjadi di bursa Jepang telah dianggap berkurang dan proses recovery mulai berjalan secara perlahan. Mungkin paruh pertama 2009 baru akan terlihat perbaikan pada berbagai sektor di Jepang. Inipun dengan asumsi bahwa pasar di US juga mengalami pemulihan.

Berita lain yang patut diperhatikan adalah bencana alam yang terjadi di China kemarin. Bencana ini akan mengurangi permintaan pasokan energy untuk power plant sementara waktu selama terjadinya perbaikan infrastruktur yang rusak. Kemungkinan terjadinya distorsi pada pasar komoditi akibat gangguan transportasi juga membawa potensi terjadi kenaikan harga komoditi di China yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga komoditi regional.

Di pasar keuangan US, perhatian masih tertuju kepada AIG yang sedang mengalami krisis sehingga terjadi penundaan annual meeting. Bila ternyata krisis yang terjadi di AIG dianggap parah maka ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan bursa terhadap sektor keuangan di US dan bursa akan kembali mengalami turbulensi. Namun pada posisi perdagangan Senin kemarin, indeks Dow ditutup menguat setelah dipicu penurunan harga minyak dan berkurangnya risiko kenaikan inflasi. Walaupun bursa di US telah mengalami peningkatan dalam beberapa minggu terakhir namun kondisi yang sama belum terlihat pada posisi fundamental beberapa perusahaan besar. Masih perlu pembuktian di akhir Q208 - untuk memastikan kondisi yang sebenarnya.

BEI
Perdagangan kemarin terhitung sepi pembeli dan saham bergerak mixed. Beberapa saham berbasis energy mampu bertahan dari aksi profit taking karena lemahnya tekanan jual.
Hari ini indeks berpotensi menyentuh 2400. Ada kecenderungan bursa masih relative sepi peminat. Menunggu sentimen positive dari regional dan lokal.

No comments: