Tuesday, October 7, 2008

Black Monday - Runtuhnya Bursa Saham Global

Akhirnya Dow jatuh dibawah 10000 Senin malam ini menandai titik terendah baru sejak tahun 2004. Kejatuhan pasar keuangan global Senin kemarin dimulai oleh pasar Asia, Eropa dan berimbas pula pada pasar US. Tidak ada pasar keuangan di developed dan emerging market yang selamat dari penurunan tajam, bahkan perdagangan beberapa bursa terpaksa dihentikan sementara oleh otoritas setempat karena mengalami kemerosotan yang terlalu tajam.

Sebenarnya market di US telah memberikan sinyal negatif terhadap potensi kemampuan bailout plan di dalam menyelesaikan masalah di pasar US pada perdagangan Jumat kemarin. Namun sepanjang akhir minggu, the Fed tidak melakukan upaya apapun sebagai tindakan preventif untuk menjaga kemungkinan pasar keuangan bergejolak. The Fed nampak percaya diri secara berlebihan bahwa cetakan USD 700 billion dapat membungkam rasa tidak percaya publik keuangan global. Sekali lagi the Fed enggan untuk mengakui bahwa proyek rekapitalisasi mereka sama sekali tidak menyentuh dari akar permasalahan pasar keuangan US. Sangat berbeda dengan persiapan yang dilakukan oleh otorita keuangan Eropa sepanjang akhir minggu guna mengantisipasi kejadian terburuk di bursa mereka.

Ketika pasar keuangan Asia dan Eropa jatuh, tidak ada upaya apapun oleh otorita keuangan US untuk kembali mengevaluasi rencana mereka. Kini semua telah menjadi kenyataan - Black Monday versi 6 Oktober 2008 telah terjadi. Seiring tertekannya pasar di US kemarin, maka the Fed kembali melakukan penambahan dan perbaikan dari program penyelamatan mereka - termasuk di dalamnya adalah pembayaran bunga atas simpanan bank, kenaikan besaran TAF. Terlambat!

Ini merupakan awal yang buruk yang telah semakin buruk untuk memulai rencana penyelamatan pasar. Alternatif terbaik yang seharusnya dilakukan oleh the Fed saat ini - bila secara tulus hendak mengembalikan kepercayaan pasar dan menyelamatkan pasar keuangan US adalah dengan memberikan blanket guarantee terhadap seluruh kewajiban sektor keuangan termasuk akses pinjaman/bantuan likuiditas ke segala lini di sistem keuangan US. Saya tidak meragukan kemampuan US dalam mencetak dana baru tetapi saya meragukan sikap hati para penguasa di sektor keuangan US yang terlalu arogan dan digdaya dalam menyikapi masalah krusial ini.

Bagaimana dengan situasi ekonomi dan keuangan di Indonesia dan BEI?
Sikap otorita keuangan Indonesia yang merasa aman dengan posisi pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, suku bunga dan aspek makro lainnya selama beberapa bulan belakangan ini sangat mengkhawatirkan. Rapat koordinasi dalam pembahasan potensi krisis terjadi hanya setelah berbagai negara di dunia telah melakukan tindakan tersebut. Terkesan masa bodoh dan seenaknya.

Padahal bila kita perhatikan terjadinya perang suku bunga di bank belakangan ini tidak lepas dari kebijakan suku bunga BI yang terus dibawa naik sampai dengan 9.25% - entah apa yang hendak dicapai karena kalau sekedar mengontrol laju kenaikan inflasi - ini ibarat menembak lalat dengan senapan. Pengetatan likuiditas tanpa kejelasan rinci dari target yang hendak dicapai.

Pada saat ini konversi USD IDR telah mencapai IDR 9550 - ini jelas jelas menunjukkan bahwa telah terjadi dana keluar dalam jumlah yang cukup signifikan. Darimana? Terbesar tentu saja datang dari dana investasi yang keluar dari BEI. Karena sektor lain saat ini berjalan cukup normal tanpa ada kegiatan atau peristiwa penting yang berakibat pada penukaran Rupiah ke mata uang asing dalam jumlah signifikan. Bila kondisi ekonomi global memburuk maka akan ada potensi yang lebih besar terhadap pelemahan IDR akibat penarikan investasi besar besaran dari emerging market termasuk di dalamnya Indonesia. Bila IDR mencapai di atas 10000 - antisipasi apa yang telah disiapkan oleh pemerintah?

Terakhir mengenai BEI. Dalam berbagai kesempatan diskusi informal, saya selalu mengatakan bahwa indeks BEI yang wajar adalah 1800an dalam situasi ekonomi global mengalami pemulihan. Sedangkan dalam situasi krisis berkepanjangan maka potensi indeks melemah mendekati 1400 adalah sangat besar. Dua faktor utama yang dapat memicu hal tersebut adalah terjadinya penarikan dana asing secara signifikan (dan ini sudah terlihat secara gradual dan makin intense), kedua adalah tindakan pengamanan yang dilakukan oleh investor retail dengan merubah posisi investasi dari bursa kepada instrumen dengan risiko terendah seperti deposito dan ORI.

Saham2 di BEI akan tetap menarik sebagai wadah investasi yang menawarkan potensi keuntungan yang bagus, namun saat ini tindakan terbaik adalah menunggu. Saya yakin tidak ada fund management besar yang berani melakukan pembelian secara massive terhadap saham tertentu saat ini hanya dengan mengatakan saham tersebut sudah terlalu murah. Terlalu riskan. Waktu terbaik untuk kembali berinvestasi adalah saat pasar keuangan US dan global telah sedikit pulih dari kemerosotan tajam dan harga minyak dan komoditi kembali stabil pada rentang harga tertentu dalam masa yang cukup panjang.

Bagaimana dengan produk reksa dana? Lupakan saja dulu. Ini produk yang hanya memberikan keuntungan optimal pada bullish market yang terjadi dalam jangka panjang. Dalam turbulensi berkepanjangan di 2008 maka produk reksa dana sama sekali tidak menarik.

Lupakan mimpi indeks BEI diatas 3000 di akhir 2008. Dugaan saya, indeks akan berkisar di 1800-2000 pada akhir 2008 dengan asumsi terjadi pemulihan di pasar keuangan US dan global.

Sekedar mengingatkan bahwa potensi BEI akan kembali tertekan hari ini masih sangat besar.

Selamat beraktifitas.

12 comments:

Unknown said...

Wow,
Tulisan yang bagus!
You are The Best!

Anonymous said...

Dari 2 tulisan Anda terakhir, tulisan ini yg ada bobotnya. Analisis yg kuat, made sense dan mencengkram pada landasan ilmu. Berbeda dgn tulisan Anda minggu lalu yg menurut saya agak sentimental kurang nalar.

Bravo!

Mudah2an artikel2 berikutnya ada peningkatan

Anonymous said...

ada referensi jatuhnya dow thn 1929 yg bs dishare pak? thanks.

Anonymous said...

kenapa ya anjloknya bursa saham sering terjadi di hari Senin ? ada apa dengan hari Senin ?

Anonymous said...

ADA BOBOT ATAU TIDAK, YANG PENTING PAK SIRAIT RAJIN-RAJIN NULIS. I LIKE IT!!!

Btw utk krisis semacam ini apa indonesia bisa kembali ke masa taun 1998? Terus untuk antm saya pernah ikut rekomen bapak di 3500, so what to do now :(

Anonymous said...

Nyimpan ANTM di 3500 ...

WHAT TO DO NOW?

1. Sell it, last price was 1160. Just think of it as bad dream.

2. Hold it till the price reach 4500, we will get there... in 2010 maybe...

Lesson learnt?

Socrates Rudy Sirait, PhD said...

With all respects, buat rekan Andy yang masih pegang ANTM di 3500, yang dapat saya sarankan adalah memegang ANTM utk sementara waktu menunggu harga menuju lebih baik. Setelah itu alternatif yang terbaik adalah melakukan cut loss sebagian dan mempertahankan sisanya. ANTM secara fundamental cukup solid jadi in the long term harga ANTM akan kembali naik.

Sedangkan mengenai artikel saya, setelah saya check lagi, terakhir postingan mengenai harga ANTM adalah July 6 dengan rekomendasi 2900-3125. Dalam periode 3 bulan tersebut harga terus bergerak. Saya rasa tidak relevan dan tidak berdasar bila keputusan anda masuk di ANTM pd harga 3500 semata2 berdsrkan tulisan saya.
referensi: http://unpublisheddream.blogspot.com/search/label/ANTM

Tulisan saya hanyalah salah satu alat pembanding utk rekan2 dalam pengambilan keputusan, bukanlah satu2nya alat pengambil keputusan. Apalagi utk rentang waktu yg sudah terlalu jauh.

Ini pula yang menjadi alasan saya utk menghindari penulisan mengenai kisaran harga saham tertentu dalam beberapa bulan terakhir mengingat kondisi market yang sangat volatile.

Anonymous said...

haloo..

saya skrg masih memegang produk resakdana yg saya beli pd sekitar mid 2007 (saat itu ihsg sekitar 1700-an).. nah sekarang ihsg udh turun sampai 1400-an, yang berarti investasi reksadana saya skrg sdh merugi....

saya mau minta tolong pendapat Mr Socrates Rudy Sirait, PhD :
saat ini lebih baik saya redeem saja investasi reksadana tsb dgn akibat saya merugi , atau bagaimana baiknya?

apakah ada kemungkinan ihsg naik kembali diatas level 2000-an dalam wkt dibwh 1 th?

atas perhatiannya saya ucapkan trimakasih

Anonymous said...

Saya ikut rekomen dari blog ini sih :(
http://unpublisheddream.blogspot.com/2008/05/winning-streak.html

Tapi emang tidak menyalahkan bapak. Murni salah saya sendiri.

Unknown said...

Bang Rudy...
dengan kondisi pasar yang penuh ketidakpastian, dimana bail-out yang telah disetujui tidak mendapatkan respon positif dari pasar. Mungkin langkah selanjutnya masih belum ada kejelasan sehingga pasar masih dilanda kepanikan. Mnrt bang Rudy, langkah apa yang selanjutnya bisa dilakukan oleh pemerintah US atau ada alternatif lain dan kira-kira apa dampaknya terhadap stabilitas pasar keuangan. Menurut hemat saya, selain permasalahan di sektor keuangan, sektor riil US saat ini tengah memasuki fase resesi. Apakah tidak sebaiknya pemerintah US juga melakukan langkah dan sosialisasi terhadap perbaikan sektor riil mereka. atau itu merupakan PR bagi pemerintah US baru yang tidak dipikirkan oleh rejim Bush. Terima kasih atas sharingnya Bang Rudy

Socrates Rudy Sirait, PhD said...

@res
saya akan coba bantu cari referensi tersebut bila ada waktu luang yah..

@ pertanyaan reksa dana:
Indeks masih berpotensi besar utk kembali ke 2000 dalam waktu kurang dari satu tahun.

reksadana adalah produk investasi jangka panjang. bila tidak ada kebutuhan mendesak, mengapa mesti menjual reksadana anda? simpan saja dulu.

@rully
Sebagian saya jawab di postingan terbaru, sebagian lagi sebenarnya ada di artikel toxic debt.
Kuncinya adalah reduksi potensi kredit macet baru di real estate, opsi refinancing utk residential mortgage yg disubsidi sebagian oleh pemerintah, fasilitas direct lending selama resesi utk pembiayaan SME dan opsi kepemilikan saham preferred di perush yg menerima capital injection.
Langkah selanjutnya yg juga penting adalah membiarkan corporate default berjalan secara alami. Kalo sudah ditolong tetap bangkrut ya bangkrut jangan dilindungi lagi.

Sylvia ANg said...

Bolavita situs judi online yang tak diragukan lagi, paling aman dan proses transaksinya sangat cepat..

Menyediakan taruhan online sabung ayam, casino live, slot, bola, basket, togel dan masih banyak lainnya.. lengkap deh pokoknya..

bolavita menyediakan taruhan online menggunakan ovo, gopay, dana, linkaja, pulsa, dan semua jenis rekening bank. Maka anda tidak perlu bingung untuk bermain, bisa menggunakan apa saja.

Gabung dan main sekarang juga ! nikmati bonus meriah yang ada disitus bolavita ! Mulai cashback sampai 10% hingga bonus 100% bila anda berhasil menang taruhan 8x secara beruntun !

Link pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
Kontak Bolavita online 24 Jam : https://linktr.ee/bola.vita


Baca Artikel Lainnya :
» Judi Bola Online LinkAja
https://pemainayam.hatenablog.com/entry/2019/09/17/Agen_Judi_Bola_Online_Pakai_Aplikasi_LinkAja?_ga=2.51407913.1005071763.1568770866-1568401800.1568770866
» Judi Online Linkaja
https://pemainayam.hatenablog.com/entry/2019/09/17/Agen_Judi_Bola_Online_Pakai_Aplikasi_LinkAja?_ga=2.51407913.1005071763.1568770866-1568401800.1568770866