Monday, September 14, 2009

Towards a Better Future - Pergumulan dan Keputusan

Beberapa hari yang lalu, saat melihat RSS dari blog seorang global ekonom: Brad Setser muncul judul "All great thing have to end" yang membuat saya segera membuka dan membaca isinya. Ternyata judul tersebut memang benar adanya karena disitu beliau menyatakan keputusannya untuk berhenti menulis di dalam blognya yang menurut saya merupakan salah satu blog terbaik dari kalangan global ekonom.

Malam ini ketika saya baca kembali tulisan tersebut, kembali saya bertanya tanya bagaimana beliau melalui proses pemikiran dan pengambilan keputusan tersebut. Apakah ini sebuah keputusan reaktif dan emosional dimana peran dan posisi baru begitu mempesona menutup dan memudarkan segala kemilau yang pernah terlampaui di dalam proses blogging tersebut. Ataukah ini keputusan bijaksana yang terlahir melalui pengorbanan?

Dulu saat Krzysztof Rybinski yang juga seorang global ekonom berhenti dari satu posisi dan mengalami jeda waktu sebelum masuk di posisinya yang baru pernah mengatakan bahwa inilah saat terbaik untuk menulis lebih intens lagi di dalam blognya. Namun perjalanan waktu membuktikan sebaliknya, sampai saat ini beliau hanya menulis beberapa artikel saja yang mungkin dihasilkan ketika inspirasi dan ide itu demikian kuat dan tidak tertahankan lagi untuk tidak ditulis.

Dari Brad yang menarik adalah keputusan untuk mengorbankan blognya demi posisi jabatan yang baru sedangkan Rybinski berpikir bahwa posisi barunya akan membuat dia mampu berkiprah lebih banyak di dalam blognya. Dua keputusan yang berbeda dari karakter manusia yang berbeda. Keduanya tidak ada yang salah. Begitulah adanya pergumulan pemikiran dan hati bersatu di dalam pengambilan keputusan. Kadang reaktif kadang bijaksana. Dari keduanya yang juga terlihat jelas adalah semangat pembaharuan untuk mencapai yang lebih baik. Sebuah semangat untuk berkarya lebih baik lagi di kesempatan yang baru.

All great things have to end mungkin dapat diartikan sebagai segala hal besar akan berakhir dan untuk itu jangan pernah berhenti berkarya. So, apapun pergumulan yang dialami jangan berhenti terus maju.


Dalam perenungan membawa Asia Strategic Advisory dan FinanceIndonesia.org lepas landas menuju yang terbaik.

No comments: