Monday, April 5, 2010

Prospek Pemulihan Ekonomi US di 2010 Masih Tanda Tanya

Dari beberapa data yang dirilis dalam satu bulan terakhir di berbagai media, saya mendapatkan dua buah gambar mengenai situasi ketenaga kerjaan di US. Gambar pertama adalah perbandingan tingkat pengangguran di US antara penggunaan Recovery Plan dan tanpa adanya Recovery Plan. Gambar kedua adalah perbandingan tingkat kehilangan pekerjaan antara resesi saat ini dengan resesi yang terjadi sejak perang dunia kedua.


Click image for larger version    Name: stimulus-vs-unemployment-december-dots.jpg  Views: 2025  Size: 85.3 KB  ID: 100
Dari gambar pertama terlihat bahwa tingkat pengangguran per Desember 2009 (yang sebenarnya berdasarkan tambahan beberapa variable lain) adalah sekitar 10%. Bila diperhatikan maka kurva tersebut masih dalam posisi naik atau belum terlihat adanya trend menurun.

Click image for larger version    Name: Percent Job Losses.jpg  Views: 641  Size: 84.8 KB  ID: 101

Pada gambar kedua, diperlihatkan posisi kehilangan pekerjaan pada resesi yang berlangsung saat ini di US (garis merah) dengan beberapa resesi sebelumnya. Pada garis merah tersebut juga terlihat masih dalam posisi trend menurun dengan tingkat penurunan di atas 5 persen. Terburuk di antara resesi lainnya dan bahkan lebih buruk dari resesi tahun 1948. Kurva warna merah juga memiliki lengkungan yang jauh lebih lebar dibandingkan dengan kurva warna lainnya.

Patut menjadi pertanyaan kita semua adalah

1. Apakah pertumbuhan indeks pasar saham di US dapat dijadikan patokan utama mengenai pemulihan ekonomi di US pada 2010 dan tahun mendatang?
2. Apakah mungkin pemulihan ekonomi yang pesat terjadi di saat yang sama dengan tingginya tingkat pengangguran?
3. Apakah trend membaik pada data tenaga kerja di US dapat terjadi secara drastic di tahun 2010?
4. Bila data ketenaga kerjaan di US masih buruk, maka hal yang sama seharusnya terjadi di sektor industri. Dengan demikian, apakah mungkin industri di US tumbuh pesat tanpa adanya permintaan tenaga kerja yang tinggi?
5. Apakah benar efek stimulus dan recovery plan di US memang lebih terfokus kepada penciptaan cita di pasar saham untuk mempertahankan tingkat kepercayaan pasar global?


Saya beranggapan bahwa pemulihan ekonomi US di 2010 masih merupakan tanda tanya besar. Sehingga pertumbuhan indeks saham di US akan tersendat untuk kemudian kembali menurun. Ini dengan asumsi bahwa tidak terjadi perbaikan data ketenaga kerjaan secara signifikan di semester pertama 2010.

Kemungkinan kedua adalah indeks bursa US di 2010 terus bergerak naik namun bobot indeks tersebut berbanding indeks emas akan tetap melemah. Walaupun saya sedikit ragu dengan kemampuan harga emas untuk terus naik di 2010 melampaui harga tertinggi di 2009 namun melihat potensi kenaikan harga komoditas yang sangat kuat di akhir 2009 maka potensi tersebut masih dapat dikatakan tinggi. Namun demikian yang menarik adalah peluang terjadinya decoupling di ekonomi global. Pertumbuhan ekonomi di Asia akan terus berlanjut dimana pada saat yang sama ekonomi US mengalami resesi dalam waktu yang relative panjang.

Socrates Rudy Sirait, PhD

Prospek Pemulihan Ekonomi US di 2010 Masih Tanda Tanya

Published 13 Jan 2010

No comments: